Monday, February 10, 2014

Telah Dibuka Penerimaan Proposal PKM-GT dan PKM-AI

Posted by Unknown On 9:37 PM No comments
Hello, Salam Sejahtera ..



Setelah pengumumaman PKM 5 bidang beberapa waktu lalu telah diumumkan, kali ini giliran penerimaan proposal PKMKT (Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis). Proposal PKM-KT ini terdiri dari 2 jenis karya yakni PKM-GT (Gagasan Tertulis) dan PKM-AI (Artikel Ilmiah). Berbeda dengan PKM 5 bidang (PKM-T, PKM-KC, PKM-M, PKM-K, PKM-P) yang telah ada sebelumnya, dalam PKMKT  ini mahasiswa tidak melaksanakan kegiatan sesuai dengan proposal yang diajukan namun mahasiswa yang mengusulkan karya tulis ini akan diberi insentif 3 juta rupiah baik untuk PKM-GT maupun PKM-AI yang layak untuk diberi insentif menurut penilaian reviewer  dari Dikti.
Sedangkan untuk PKM-GT yang akumulasi nilainya lebih tinggi, akan dimasukkan ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-27. Sedangkan PKM-AI akan bermuara di jurnal ilmiah.

Pada PKM-AI kelompok mahasiswa cukup menyampaikan karya tulis dalam bentuk artikel ilmiah dikirimkan secara online. Karya tersebut ditulis mengacu pada kegiatan yang telah selesai dilakukan kelompok mahasiswa yang sama. Kelompok penulis yang artikel ilmiahnya dinilai baik dan layak dipublikasikan, akan memperoleh insentif dana tunai sebesar Rp3.000.000,- (tiga juta rupiah). PKM-AI diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menuangkan pemikiran dan hasil-hasil kegiatan ilmiah yang telah dilakukan ke dalam bentuk sebuah artikel ilmiah sesuai kriteria standar penulisan jurnal ilmiah. Sedangkan PKM-GT merupakan wahana mahasiswa dalam berlatih menuliskan ide-ide kreatif sebagai respons intelektual atas persoalan-persoalan aktual yang dihadapi masyarakat. Ide tersebut seyogyanya unik, kreatif dan bermanfaat sehingga idealisasi kampus sebagai pusat solusi dapat menjadi kenyataan. Sebagai intelektual muda, mahasiswa umumnya cenderung pandai mengungkapkan fakta-fakta sosial, namun melalui PKM-GT, level nalar mahasiswa tidak hanya dituntut sampai sebatas mengekspos fakta tetapi justru harus mampu memberi atau menawarkan solusi.

Tahapan ini dimulai penguploadan ke SIMLITABMAS, untuk PKM-AI mulai tanggal 1 Februari – 27 Maret 2014 dan PKM-GT mulai tanggal 1 Februari – 31 Maret 2014. Pada selang waktu tersebut, mahasiswa dapat melakukan bimbingan kepada dosen yang diingankan dan tentunya menguasai materi sesuai dengan judul PKMKT yang mahasiswa inginkan. Sehingga harapannya dapat lebih terbuka dalam hal bimbingan. Untuk lebih jelasnya mengenai panduan penulisan PKMKT, teman-teman mahasiswa arsitektur unnes khususnya dapat mendownload disini dan buka lembar ke 57 hingga lembar ke 73. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya untuk arsitektur unnes tercinta.

0 comments: