Friday, May 31, 2013

KERJASAMA dan KEMITRAAN

Posted by Unknown On 4:35 PM No comments
Hello, Salam Sejahtera ..



KERJASAMA dan KEMITRAAN

Kerjasama dan kemitraan telah dilakukan oleh Program Studi Teknik Arsitektur FT-UNNES dengan berbagai pihak, baik dengan sesama Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah, Asosiasi Profesi, kalangan industri, perusahaan jasa konstruksi, perusahaan penerbit/percetakan, masyarakat pada umumnya, maupun perorangan. Kerjasama antar Perguruan Tinggi terutama melalui wadah APTARI (Asosiasi Perguruan Tinggi Arsitektur Indonesia), yang merupakan wadah kerjasama dan tukar informasi antar Perguruan Tinggi Arsitektur se Indonesia. Program Studi Teknik Arsitektur FT-UNNES telah menjadi anggota APTARI sejak tahun 2006 urutan keanggotaan ke 34. Saat ini jumlah keanggotaan APTARI telah mencapai 81 Perguruan Tinggi Arsitektur se Indonesia, juga kerjasama dengan perguruan tinggi diluar APTARI yaitu UNIMUS dalam perencanaan arsitektur bangunan kampus UNIMUS.
Kerjasama dengan Pemerintah Daerah (terutama Pemerintah Kabupaten-Kota yang ada di wilayah Propinsi Jawa Tengah), terlihat dari telah adanya kerjasama proyek-proyek perencanaan pembangunan daerah, antara lain dalam bentuk: sebagai stakeholder pokja klaster industri meubel, pokja perumahan, studi-studi perencanaan kawasan dan tata ruang, maupun pelatihan-pelatihan dan perancangan arsitektur. Kerjasama tersebut ada yang dilakukan  oleh dosen dalam rangka pengembangan pengalaman praktisi, di tingkat Program Studi, Jurusan, Fakultas maupun lembaga-lembaga tingkat Universitas.
Kerjasama dengan asosiasi profesi antara lain dilakukan dengan: Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), khususnya IAI Jawa Tengah, melalui pelatihan kode etik dan strata, serta kegiatan-kegiatan seminar. Kerjasama dengan kalangan industri antara lain dilakukan dengan: Perusahaan cat Jotun dan Perusahaan Kalsiboard. Kerjasama dengan perusahaan jasa konstruksi antara lain dilakukan dengan beberapa perusahaan konsultan perencanaan-perancangan dan kontraktor, baik untuk kepentingan akademik, seperti : seminar, kegiatan observasi lapangan, maupun kerjasama komersial/proyek yang dilakukan oleh pihak Universitas melalui ULP (Unit Layanan Pengadaan). Kerjasama dengan perusahaan penerbit/percetakan untuk penerbitan buku teks dan jurnal, antara lain dengan: Penerbit PT Kawan Pustaka: Jakarta,
Kerjasama dengan masyarakat pada umumnya, terutama berkaitan dengan proyek-proyek penelitian, pengabdian masyarakat dan pemberdayaan (Empowerment), misal : pada program PNPM Mandiri Nighbourhood Development (ND)-PLPBK di desa Pucungrejo dan Congkrang Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang . Sedangkan, kerjasama dengan perorangan (pakar akademisi dan profesional-praktisi), antara lain sebagai: reviewer jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan; dosen kuliah tamu; dan, pemateri seminar/workshop. Upaya kerjasama dan kemitraan tersebut ditujukan untuk mendekatkan dunia profesional ke dalam dunia akademik, serta mencari peluang untuk lebih menghidupkan kegiatan pendidikan yang berbasis kompetensi. Pada akhirnya kerjasama dan kemitraan dengan pihak lain tersebut akan dapat meningkatkan kompetensi program studi, fakultas, universitas dan terutama peningkatan kompetensi dan kualitas dosen, dan mahasiswa.

0 comments: