Friday, May 31, 2013

RENCANA STRATEGIS PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI TEKNIK ARSITEKTUR TAHUN 2013-2020

Posted by Unknown On 4:32 PM 2 comments
Hello, Salam Sejahtera ..

Rencana Strategis pengembangan Program Studi Teknik Arsitektur FT-UNNES terintegrasi terhadap program-program yang telah direncanakan dalam Renstra dari Fakultas maupun Universitas sesuai dengan visi dan misi yang dikembangkan. Dalam rangka menuju kelembagaan Progran Studi Teknik Arsitektur yang unggul dan bertaraf Internasional terutama di bidang keilmuan arsitektur yang berkaitan dengan: pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi arahan bidang pengembangan Prodi dituangkan kedalam program-program, antara lain :
A. BIDANG PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN KEMAHASISWAAN

Program Bidang Pendidikan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keimuan dan kompetensi sebagai professional di bidangnya. Terbagi menjadi 3 program utama yaitu (1) program pengembangan pendidikan, (2) program pengembangan kemahasiswaan, dan (3) program peningkatan peran alumni.

1.      Program Pengembangan Pendidikan

A.  Program Pemerataan dan Perluasan Akses Memperoleh Pendidikan
Program ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab sosial dalam pemberdayaaan sumberdaya manusia Indonesia di bidang pendidikan tinggi.
Program :
1.   Promosi dalam rangka menarik minat calon mahasiswa lebih luas dan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat untuk masuk Prodi Teknik Arsitektur FT-UNNES dilakukan secara berkesinambungan;
2.   Penggunaan teknologi modern untuk proses belajar mengajar terus akan diterapkan dan dimutakhirkan, terutama penggunaan teknologi informasi untuk menjangkau peserta didik lebih luas dan bermutu;
3.   Penerapan SPP proporsional untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa kurang mampu di bidang ekonomi;
4.   Terus mengembangkan cara-cara seleksi untuk masuk ke Universitas Negeri Semarang agar dapat memberikan kesempatan lebih luas bagi masyarakat. Cara-cara seleksi yang dilakukan melalui kemitraan dengan sekolah lebih ditingkatkan, instansi negeri, pemerintah daerah dan instansi swasta, baik dalam maupun luar negeri.
5.   Peningkatan jumlah penerima beasiswa dan peningkatan kerjasama dengan instansi dalam dan luar negeri untuk memperbanyak sumber beasiswa agar dapat memberikan kesempatan belajar bagi mereka yang kurang mampu dan berprestasi.

B.  Program Pengembangan Mutu dan Relevansi Pendidikan
Tujuan dari program ini yaitu mengembangkan Program Studi dalam kaiatannya dengan pengembangan mutu melalui; pengembangan bahan ajar, kompetensi dan model pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Program :
1.  Pengembangan kemampuan penyelenggaraan pendidikan dengan memperhatikan Trend Global Pendidikan dan Pembelajaran seperti: Knowledge–intensive Economy, Life Long Learning, Skill shortages of workforces, transdisciplinary skills, self-learning,digital form of delivery and access.
2.  Pengembangan Program Studi yang relevan sejalan dengan visi lembaga dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat serta perkembangan kebutuhan masyarakat baik dalam skala nasional maupun internasional.

C.  Program Pengembangan Kurikulum
Tujuan dari program ini yaitu mengembangkan kurikulum yang dinamis yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan stakeholders.
Program :
1.  Benchmarking kurikulum internasional di Prodi Teknik Arsitektur FT-UNNES dengan Prodi/Jurusan di Universitas terkemuka tingkat Asia/Dunia.
2. Tracer study bahan ajar untuk mendukung ketercapaian kompetensi lulusan yang dibutuhkan pasar kerja nasional dan internasional serta komunitas ilmiah.
3. Pengintegrasian matakuliah untuk mencapai kompetensi secara holistik dan komprehensif.

D.  Program Pengembangan Manajemen Pendidikan
Pengembangan manajemen pendidikan pada dasarnya dimaksudkan agar pendidikan dapat dikelola secara professional sehingga diperoleh efisiensi, efektivitas, dan produktivitas yang setinggi mungkin yang pada saatnya mempertinggi daya saing Program Studi dan Jurusan yang ada di Fakultas Teknik UNNES.
Program :
1.  Pengembangan participatory leadership,pengembangan sistim seleksi dan rekrutmen pimpinan dan staf, serta pengembangan organisasi meritokrasi dengan mendasarkan pada nilai-nilai akademik.
2.  Peningkatan kemampuan pengorganisasian dan manajemen pendidikan berbasis TI agar pendidikan sebagai core business dapat terselenggara dengan efektif, efisien dan produktif.
3. Koordinasi antara manajemen pendidikan dan manajemen penelitian agar hasil penelitian dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar.

E.  Program Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar dan Evaluasi Hasil Belajar.
Tujuan program ini yaitu untuk memperbaiki kualitas proses belajar mengajar dan evaluasi hasil belajar sejalan dengan berkembangnya inovasi teknologi pembelajaran dan teknologi informasi pendukungnya yang bertujuan meningkatkan waktu studi efektif dan rasio output terhadap input.
Program :
1.  Peningkatan kualitas Proses Belajar Mengajar dengan menggunakan paradigma : teaching how to learn menggantikan teaching knowledge.
2.  Peningkatan kualitas proses belajar mengajar melalui peningkatan kualitas dosen dan sumber bahan ajar.
3.  Pengembangan bahan ajar yang up to date dan berbasis teknokogi informasi melalui pengembangan pembelajaran berbasis e-learning.
4.  Penerbitan buku ajar melalui berbagai lembaga penerbit yang bermutu (nasional/internasional), diikuti dengan pengembangan sistem reward yang memadai.
5. Peningkatan dana praktikum dan praktek lapangan untuk mahasiswa.

F.  Program Pengembangan Sistim Penjaminan Mutu Akademik
Tujuan program ini yaitu meningkatkan mutu Universitas Negeri Semarang sehingga mampu mewujudkan visi melalui pelaksanaan misinya dan selalu dapat memenuhi kebutuhan stakeholders dengan metode perbaikan secara berkelanjutan.
Program :
1.  Fungsionalisasi organisasi sistem penjaminan mutu akademik pada setiap Jurusan dan unit kerja di Program Studi.
2. Pelaksanaan audit sistem penjaminan mutu akademik secara periodik dengan tertib.
3. Pelaporan hasil audit kepada Pimpinan lembaga untuk ditindaklanjuti demi peningkatan mutu akademik yang berkelanjutan.
4. Penyebaran best practices baik di dalam maupun di luar lingkungan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

2.      Program Pengembangan Kemahasiswaan
Pembinaan kemahasiswaan pada saat ini mengacu kepada rencana strategis universitas dengan menerapkan nilai-nilai keteknikan di dalamnya, yang kesemuanya mengarah kepada pengembangan budaya kampus . Pembinaan yang yang dilakukan mengintegrasikan antara pembinaan intrakurikuler melalui kegiatan proses belajar mengajar dengan pembinaan ekstrakurikuler yang menyangkut pembinaan penalaran, minat bakat dan kesejahteraan mahasiswa. Pengembangan ini memadukan pengembangan kemampuan intelektual dengan soft-skills yang diperlukan mahasiswa untuk menghasilkan lulusan yang berjiwa entrepreneur. Program pengembangan kemahasiswaan semacam ini akan mendukung pencapaian kompetensi lulusan dalam bidang keteknikan secara utuh untuk mampu berperan dalam masyarakat secara cerdas, bermartabat dan bertanggungjawab.

a.   Program Peningkatan Penalaran Ilmiah, Minat Bakat, Daya Saing dan Kesejahteraan Mahasiswa
Tujuan program ini yaitu untuk memenuhi kebutuhan pribadi mahasiswa yang secara langsung berdampak pada terciptanya lingkungan akademik yang kondusif bagi pendidikan.
Program :
1.  Peningkatan daya nalar ilmiah mahasiswa dengan (a) mengadakan pelatihan metodologi penelitian bagi mahasiswa yang sesuai dengan spesifikasi program studi, (b) mengadakan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan kegiatankegiatan penalaran mahasiswa (c) meningkatkan peran dosen dalam pembimbingan pembuatan proposal yang disusun oleh mahasiswa, (d) mengadakan seleksi lomba penalaran ilmiah bagi mahasiswa baru dan mahasiswa lama (f) mengikuti lomba tingkat baik tingkat universitas, regional maupun nasional;
2.  Peningkatan pengembangan minat (kesenian, olahraga, keorganisasian, keagamaan, dll) dan bakat melalui kegiatan minat dan bakat yang relevan dengan bidang-bidang keteknikan dan membentuk komunitas seperti: sketsa, fotografi, animasi dan lain sebagainya;
3.  Peningkatan daya saing mahasiswa di berbagai bidang dengan mengembangkan sarana pendukung seperti bahasa Inggris dan komputer, serta membuka kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk mendapat pengalaman lebih di luar kampus, baik dalam maupun luar negeri;
4.  Peningkatan kesejahteraan mahasiswa dengan cara meningkatkan jumlah penerima beasiswa dan meningkatkan jumlah sumber pemberi beasiswa;
5. Pembinaan dan pengembangan organisasi kemahasiswaan tingkat Jurusan dan Fakultas serta meningkatkan motivasi mahasiswa untuk berpartisipasi mengikuti kegiatan-kegiatan ditingkat universitas maupun diluar.

b.  Program Pengembangan Kelembagaan Kemahasiswaan
Tujuan dari program ini yaitu mengembangkan organisasi dan manajemen kemahasiswaan dalam struktur organisasi di tingkat jurusan dan fakultas yang otonom dan manajemen yang sehat.
Program :
1.  Penataan struktur dan fungsi lembaga-lembaga kemahasiswaan dilakukan dengan menyelesaikan persoalan kelembagaan internal mahasiswa;
2.  Peningkatan fungsi peran dari pemberdayaan kelembagaan mahasiswa;
3.  Pengembangan jaringan komunikasi kelembagaan dengan PTN/PTS diseluruh Indonesia dan asosiasi profesi yang terkait.

c.   Program Pengembangan Struktur Pendanaan Kemahasiswaan
Tujuan dari program ini yaitu meningkatkan kemampuan revenue generating kemahasiswaan yang dapat digunakan untuk menunjang seluruh kegiatan kemahasiswaan.
Program :
1.  Penyusunan konsep pengalokasian dan penambahan sumber sumber dana untuk kegiatan kemahasiswaan;
2.  Meningkatkan peran Ikatan Orang Tua Mahasiswa sebagai pendukung kegiatan kemahasiswaan dalam hal pendanaan.

3.      Program Peningkatan Peran Alumni
Tujuan dari program ini yaitu membantu para alumni untuk mempersiapkan diri lebih baik dalam memasuki pasar kerja dan memperkuat jaringan alumni yang sudah ada agar bisa meningkatkan peran alumni dalam pengembangan almamater.
Program :
1. Perluasan peran Ikatan Alumni (IKA) mulai dari tingkat Program studi dan Jurusan dalam mendukung kegiatan-kegiatan kemahasiswaan;
2.  Peningkatan dan perluasan kerjasama dengan berbagai instansi baik dalam bentuk kegiatan kemahasiswaan maupun dalam bidang perekrutan alumni;
3. Peningkatan peran alumni untuk meningkatkan promosi Program Studi dan Jurusan;
4. Peningkatan peran alumni untuk meningkatkan revenue generating.

B. BIDANG PENGEMBANGAN PENELITIAN

Beberapa tujuan dari program pengembangan penelitian untuk lima tahun ke depan yaitu sebagai berikut:
1. Mengembangkan manajemen penelitian dalam struktur organisasi universitas yang otonom dan manajemen yang sehat.
2. Mengembangkan kuantitas dan kualitas penelitian untuk mendukung pencapaian visi, meningkatkan atmosfir akademik, dan program internasionalisasi, serta daya saing nasional.
3.  Meningkatkan penelitian yang diarahkan kepada pengembangan, pemanfaatan, dan penuntasan permasalahan, terutama yang berkaitan dengan pengembangan sumberdaya manusia, sumberdaya alam, sumberdaya hayati dan kelautan, teknologi, budaya, sosial kemasyarakatan, dan kesehatan.
Adapun program untuk tahun 2013-2020 yaitu (1) program peningkatan sinergi riset-riset di bawah payung penelitian, (2) program penelitian untuk pemenuhan kebutuhan industri dan masyarakat, (3) peningkatan publikasi nasional dan internasional, dan (4) pengembangan manajemen penelitian.

1. Program Peningkatan Sinergi Riset-Riset Di Bawah Payung Penelitian
a.  Peningkatan sinergi penelitian di Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang untuk bidang yang terkait dengan keilmuan arsitektur dan visi konservasi yang dikelola secara optimal melalui payung penelitian, sehingga dapat dimanfaatkan bagi pengembangan ilmu yang terkait, selanjutnya diaplikasikan pada proses pendidikan serta diaplikasikan kepada masyarakat.
b. Pemetaaan riset dan mencari masukan dari stakeholders.
2. Program Penelitian untuk Pemenuhan Kebutuhan Industri dan Masyarakat
a.  Peningkatan penelitian yang relevan dengan kebutuhan instansi pemerintah, masyarakat dan industri.
b.  Peningkatan kerjasama penelitian dengan instansi pemerintah, masyarakat dan industri.
c. Peningkatan perolehan HAKI.
3. Peningkatan Publikasi Nasional dan Internasional
a.  Peningkatan hasil penelitian yang mampu dipublikasikan pada jurnal nasional dan internasional.
b. Peningkatan pelatihan penulisan ilmiah.
c.  Peningkatan kualitas dan kuantitas jurnal yang terakreditasi secara nasional dan internasional.
4. Pengembangan Manajemen Penelitian
1. Penataan organisasi dan manajemen penelitian Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang yang mencerminkan pula pola hubungan struktural dan fungsional antara kelembagaan penelitian dengan unsur-unsur internal lainnya serta dengan unsur-unsur eksternal.
2.  Peningkatan peran manajemen penelitian yang mampu membangun network dengan komunitas ilmiah di luar kampus, guna memperoleh dana melalui kerjasama dengan instansi pemerintah masyarakat dan industri di dalam dan di luar negeri.

C. BIDANG PENGEMBANGAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Tujuan dari program bidang pengembangan pengabdian kepada masyarakat yaitu sebagai berikut :
1.  Pengembangan manajemen pengabdian kepada masyarakat dalam struktur organisasi universitas yang otonom dan manajemen yang sehat.
2. Peningkatan pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat dan secara resiprokal menerima informasi, masukan, bantuan masyarakat untuk meningkatkan relevansi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat itu sendiri.
Ada dua rencana program untuk tahun 2013-2020 yaitu (1) program peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan (2) program peningkatan pemanfaatan masyarakat untuk pendidikan dan penelitian.

1. Program Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat
a. Peningkatan Pelayanan Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat;
b. Peningkatan Pelayanan Pengembangan Teknologi;
c. Peningkatan Pelayanan Pengembangan Sumberdaya Alam;
d. Bantuan pengelolaan sistem informasi yang berkaitan dengan pelayanan tentang: konsultasi bisnis, bursa pasar pekerjaan dan pengelolaan pilot-pilot proyek yang berkaitan dengan pendidikan profesi keilmuan arsitektur, baik untuk mahasiswa, alumni maupun masyarakat luas;
e. Bantuan untuk meningkatkan kinerja proses pelayanan yang bersifat administrasi dan pelayanan teknis;
f.   Peningkatan informasi kepada masyarakat melalui pelayanan publikasikan produk-produk ilmiah dan teknologi yang dihasilkan oleh Prodi Arsitektur dan Jurusan Sipil

2. Program Peningkatan Pemanfaatan Masyarakat untuk Pendidikan dan Penelitian
a.  Peningkatan pemanfaatan masyarakat dalam program off campus education site untuk mengkontekstualisasikan ilmu yang dipelajari mahasiswa serta untuk meningkatkan relevansi pendidikan.
b.  Peningkatan pemanfaatan masyarakat sebagai sumber belajar dan sumber riset nyata bagi mahasiswa dan para peneliti.
c.  Peningkatan pemanfaatan masyarakat sebagai salah satu sumber pembiayaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

D. BIDANG PENGEMBANGAN KERJASAMA INSTITUSIONAL

Tujuan dari program bidang pengembangan kerjasama institusional yaitu :
1.  Mendapatkan sinergi yang akan mendukung pengembangan otonomi universitas, dan
2.  Mempertajam fokus pengembangan di Program Studi Teknik Arsitektur FT-UNNES di setiap bidang pengembangan menuju pencapaian kualitas institusi berstandar internasional.
Ada dua program yang akan diwujudkan selama tahun 2013-2020, yaitu (1) program peningkatan kolaborasi dan (2) program pengembangan internasionalisasi.

1. Program Peningkatan Kolaborasi
a.   Perluasan kerjasama institusional yang didukung dengan upaya untuk merealisir program yang bisa diimplementasikan dan diikuti dengan MOU;
b.   Perluasan kerjasama dengan instansi pemerintah, masyarakat dan industri untuk pengembangan soft skill dosen, mahasiswa, dan staf administrasi;
c.   Peningkatan peran serta masyarakat dan dunia usaha untuk meningkatkan relevansi pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat;
d.  Perluasan kerjasama riset dan pembelajaran, dengan program sebagai berikut:
1)    Mengevaluasi dan menyempurnakan aturan kerjasama riset dan pembelajaran yang sudah ada.
2)    Mengembangkan bentuk kerjasama yang selektif dengan stakeholder.
3)    Meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama bagi sivitas akademika.
e.  Meningkatkan kerjasama riset dan pembelajaran bagi jurusan-fakultas dengan institusi lain di dalam dan di luar negeri
f. Meningkatkan monitoring dan evaluasi terhadap semua bentuk kerjasama riset dan pembelajaran.
g. Institutional resource sharing, melalui kegiatan sebagai berikut:
1)  Inventarisasi, monitoring dan evaluasi atas sarana, prasarana, dan sumberdaya manusia yang dapat digunakan dalam resource sharing untuk semua bidang (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat )
2)  Mengevaluasi dan menyempurnakan aturan institutional resource sharing yang sudah ada.
3)  Mengembangkan bentuk-bentuk institutional resource sharing.
4)  Meningkatkan produktivitas dan efisiensi institutional resource sharing.
5)  Memperluas lingkup institutional resource sharing.
6)  Meningkatkan monitoring dan evaluasi institutional resource sharing.
7)  Membuat dan atau mengembangkan aturan dan mekanisme untuk mengakses sarana, prasarana dan sumber daya manusia di tingkat universitas /fakultas/UPT/lembaga dan unit lainnya.

2.    Program Internasionalisasi.

a. Program Penghayatan Cultural diversity
Cultural diversity dilakukan dengan cara:
1)  Pembuatan aturan yang menjamin keharmonisan budaya dan keaneka ragamannya,
2)  Penetapan unggulan yang mencirikan kekuatan, dan keunikan Program Studi Teknik Arsitektur FT-UNNES untuk ditampilkan di forum internasional, serta
3)  Peningkatan kemampuan sivitas academika dalam berkomunikasi di tingkat internasional.

b. Program Beasiswa Dan Pertukaran Mahasiswa
1)  Penyusunan aturan tentang pemberian beasiswa dan pertukaran mahasiswa, dosen yang tugas belajar, mahasiswa dan tenaga administrasi (target group) dalam bentuk pendidikan, magang, dan pelatihan.
2)  Monitoring dan evaluasi secara periodik untuk memelihara akuntabilitas program.

c. Program Kerjasama Regional
Peningkatan jumlah MoU untuk memperluas dan meningkatkan ruang lingkup kerjasama regional. Setiap kerjasama perlu diperjelas tujuan (meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, kurikulum, kelembagaan dan finansial, dsb.) serta bidang kerjasama (sosial, budaya, humaniora, teknologi, dan sains).

d. Program Peningkatan Standar Kompetensi Internasional
Peningkatan standard kompetensi internasional dalam pengelolaan universitas dengan tetap memperhatikan kondisi / potensi lokal.

e. Program Pendidikan Bertaraf Internasional
1)     Pengembangan Program Studi Teknik Arsitektur yang berkarakter dan spesifik serta layak jual secara nasional maupun internasional.
2)     Peningkatan kerja sama dengan universitas terkemuka di luar negeri untuk peningkatan mutu PBM dan mutu lulusan, kerja sama untuk program double degree, kerja sama untuk mewujudkan pendidikan bertaraf internasional di Prodi Teknik Arsitektur FT-UNNES dan kerja sama untuk meningkatkan daya saing di tingkat Asia dan dunia.

2 comments:

Saya tertarik tentang artikel anda tentang Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Teknik Sipil

artikelnya bagus,terimakasih sudah berbagi
http://st3telkom.ac.id